Monday, February 11, 2013

Low cost To JOGJAKARTA

Tegal, 12 February 2013


Ini tulisan pertama ku di blog ini ,, 
Ceritanya sih pengen ngisi waktu luang sambil belajar,

Oke kali ini  saya pengen bercerita tentang perjalan super murah ke jogjakarta dari jakarta.
Kami adalah  sekelompok pelajar sekaligus pekerja dari jakarta.
kebetulan waktu itu sedang liburan jadi kami putuskan untuk pergi ke kota jogjakarta untuk refresing.




Setelah melewati perdebatan panjang, dan mempertimbangkan biaya, akirnya kami putusakan untuk naik kereta progo , untuk dicatat kereta ekonomi sekarang sudah nyaman banyak tempat duduk yang kosong, 
saya masih ingat bagaiman kereta ekonomi itu bagai pasar berjalan, penuh sesak panas , semua bau ada disitu ,bau ketek bau kringet, semuanya sudah hilang sekarang.

Untuk menghemat biaya dan waktu kami menggunakan kereta api , ongkos kereta untuk sekali jalan Senen-Lempuyangan Rp.35.000 . Dengan adanya kebijakan baru dari PT.KAI kereta ekonomi sekarang jauh lebih nyaman. semua tiket sudah disesuaikan dengan nomor kursi yang tertera. dan sudah jarang pedagang yang mondar mandir.  waktu tempuh jakarta jogja sekitar 10 jam bisa kita gunakan untuk istirahatdan tidur.

Kereta berangkat pukul 20:30 dan tiba di jogja jam 07:30 pagi. setibanya di lempuyangan kami langsung ditawari mobil-mobil carteran , setelah tawar menawar akhirnya kami sepakat dengan harga Rp.350.000  untuk dua tujuan wisata bisa dipilih borobudur-prambanan-kaliurang,menggunakan mobil panter dan sudah termasuk supir (jumlah kami 11 orang ). Kamar mandi di stasiun Lempuyangan biasanya di gunakan para  bagpacker untuk mandi dan bersih,lagi-lagi untuk menghemat biaya.

Tiba di Borobudur pukul 09.30 , kami sarapan di perjalanan karna pasti di tempat wisata nanti harga makanan akan melambung tinggi, kami juga membeli beberapa camilan dan air minum ( cuaca di borobudur relatif panas). tiket masuk borobudur adalah Rp.30.000.

Dari borobudur perjalan kami lanjutkan ke kali urang, cauca disini relatif dingin ongkos masuk ke kawasan kaliurang adalah Rp.10.000 / mobil.  di kali urang kita akan menjumpai banyak monyet monyet liar,
dan saat mendaki disarankan untuk tidak membawa barang-barang yang akan direbut oleh monyet.

Berangkat pulang ke jogja sore hari kami putuskan untuk menginap di penginapan di belakang plaza malioboro . ongkos semalam untuk 4 orang adalah Rp.110.000. 

Suasana malam di malioboro sayat menyenangkan ,kami putuskan untuk mengungjungi alun alun kidul .
perjalanan kami tempuh dengan menyewa delman Rp.40.000 untuk 8 orang.
Selanjutnya kami menghabiskan malam di malioboro.

Pagi hari kami putuskan untuk berbelanja oleh oleh di pasar beringharjo.

Jam 10.00 kami pergi ke keraton jogja karta dan ke taman sari.


Jam 15:00 kami berangkat ke stasiun,, dan selamat tinggal jogja.


No comments:

Post a Comment